Apakah Anda Tahu Jenis Kulit Anda?

By ontanjai No comments

Apa Jenis Kulit Anda?

Anda telah mendengar desas-desus tentang jenis kulit normal, berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif. Tapi yang mana yang kamu punya?

Kulit Anda melakukan fungsi-fungsi penting yang memungkinkan Anda untuk hidup normal, Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda bisa memastikan kulit Anda melakukan bagiannya untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Baca terus dan nikmati fakta menarik berikut tentang kulit.

Jenis Kulit Normal

Jika Anda memiliki semua atau sebagian besar hal yang disebutkan di atas maka Anda memiliki kulit normal. Anda dapat membeli produk berbasis krim dan gel yang bekerja untuk kulit Anda.

Peka

Memiliki tipe kulit sensitif dapat berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Ini dapat disebabkan oleh kondisi kulit seperti rosacea, eksim atau alergi. Kulit sensitif dapat meradang dan mudah teriritasi. Penting untuk memilih perawatan kulit yang tepat untuk kulit sensitif karena banyak pembersih dan pelembab mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi yang merugikan.

Berminyak

Wajah Anda terasa dan terlihat lembab dan berkilau (terutama di tengah hari, ketika minyak berada di puncaknya). Anda cenderung memiliki pori-pori yang tersumbat, dan kulit Anda rentan terhadap jerawat non-inflamasi (komedo dan komedo) dan jerawat peradangan (jerawat dan jerawat kistik), yang muncul di seluruh tubuh.

Kering

Kulit kering ditandai oleh kurangnya kelembaban di lapisan kornea, sehingga menyebabkan kekencangan dan bahkan mengelupas. Kulit tampak kusam, terutama di pipi dan di sekitar mata. Ini mungkin kurang elastis, dengan garis-garis halus dan kerutan. Dalam kasus yang lebih parah, gatal dan terbakar dapat terjadi. Kulit yang sangat kering menunjukkan tanda-tanda retak dan pecah-pecah.

Kombinasi

Kulit kombinasi terjadi ketika dua atau lebih jenis kulit berbeda terjadi pada wajah Anda secara bersamaan. Biasanya, kulit kombinasi adalah ketika beberapa bagian wajah Anda kering atau bersisik, sedangkan bagian tengah wajah, hidung, dagu, dan dahi Anda (disebut zona-T) berminyak. Kulit kombinasi juga dapat menggambarkan kondisi di mana kerutan dan berjerawat atau rosacea dan kulit kering hadir pada saat yang bersamaan.

Dewasa

Kulit menjadi kurang elastis dan kurang kencang. Kerutan dan kerutan terbentuk, pipi menjadi kurang tembam, kontur wajah kehilangan kejernihannya, dan fitur yang kurang harmonis.

Gunakan tips ini untuk membantu kulit kering Anda:

  • Mandilah lebih singkat dan mandi, tidak lebih dari sekali sehari.
  • Gunakan sabun atau pembersih yang ringan dan lembut. Hindari sabun deodoran.
  • Jangan menggosok saat mandi atau mengeringkan.
  • Ratakan pada pelembab yang kaya segera setelah mandi. Salep dan krim mungkin bekerja lebih baik daripada lotion untuk kulit kering tetapi sering berantakan. Terapkan kembali sesuai kebutuhan sepanjang hari.
  • Gunakan pelembab udara, dan jangan biarkan suhu dalam ruangan terlalu panas.
  • Kenakan sarung tangan saat menggunakan agen pembersih, pelarut, atau deterjen rumah tangga.

Leave a Reply